ORIENTASI KRR DAN LAUNCHING PIK-R BHARA PEMUDA SMK RISTEK NGUNTORONADI

Bertempat di Aula SMK Ristek Nguntoronadi, pada Senin 22 Februari 2016, BKBKSPP Kabupaten Wonogiri melaksanakan kegiatan Orientasi Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR). Acara ini diikuti oleh seluruh siswa kelas X, sejumlah 79 peserta. Sebagai naraasumber adalah Kepala Bidang KB dr. Sinung Pribadi M.Kes yang memberikan materi mengenai Kesehatan Reproduksi, dan Bripka Hari S. dari Satuan Bimas Polres Wonogiri yang memberikan materi  mengenai Narkoba.

Materi yang diberikan diharapkan dapat menambah wawasan para siswa mengenai masalah-masalah remaja.Pada bahasan tentang reproduksi remaja, termasuk didalamnya dijelaskan mengenai seksualitas, resiko-resiko dan dampak dari seks bebas dan tidak bertanggungjawab. Sementara pada bahasan Narkoba dijelaskan mengenai jenis-jenis narkoba, beserta dengan resiko dan bahayanya baik dari sisi kesehatan maupun dari sisi aspek hukum. Dengan meningkatnya wawasan siswa, diharapkan mereka mampu bersikap lebih bijaksana, mengenali dan menghindari ancaman-ancaman negatif yang sangat dekat dengan kehidupan remaja dan berpotensi untuk menghancurkan masa depannya. 

Bersamaan dengan kegiatan tersebut juga sekaligus dilaksanakan Launching Pusat Informasi Konseling – Remaja (PIK-R) berbasis sekolah di SMK Ristek Nguntoronadi yang diberi nama PIK-Remaja Bhara Pemuda. Kelompok PIK-R adalah kelompok kegiatan dari, oleh, dan untuk remaja yang merupakan bagian dari program BKKBN yang bertujuan untuk mewujudkan Tegar Remaja, yaitu remaja yang Berperilaku sehat,Terhindar dari resiko TRIAD KRR (Seksualitas, Napza, HIV dan AIDS),Menunda usia pernikahan sampai usia minimal 20 tahun untuk perempuan dan 25 tahun untuk laki-laki, Mempunyai perencanaan kehidupan berkeluarga untu kmewujudkan Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera, serta Menjadi contoh, model, idola dan sumber informasi bagi teman sebayanya.

PIK Remaja diharapkan menjadi tempat para remaja anggotanya untuk saling bertukar informasi, wawasan dan pengalaman, sekaligus mencari solusi atas masalah yang dihadapi. Hal ini sesuai dengan karakteristik remaja yang suka berkumpul dan cenderung lebih mudah dipengaruhi oleh teman sebayanya. PIK-R Bhara Pemuda SMK Ristek Nguntoronadi dalam kegiatannya dibawah pembinaan Kepala Sekolah, Bapak Sugeng beserta Bapak dan Ibu Guru BK, serta badan KBKSPP Kabupaten Wonogiri melalui Penyuluh KB Kecamatan Nguntoronadi.

Meskipun secara resmi kelompok PIK-R SMK Ristek baru saja dilaunching, namun rintisan kegiatan pembinaan siswa telah dilakukan beberapa kali baik dari BKBKSPP maupun oleh Penyuluh KB Kec. Nguntoronadi dalam kegiatan Kesiswaan dan Pramuka. Diantara pengurus Kelompok PIK juga pernah dikirim untuk mengikuti pelatihan yang dilaksanakan oleh BKBKSPP di tingkat kabupaten.  (musthofa)